Sekilas Tentang Jenis Jenis Teh

Teh merupakan sebuah minuman kesehatan yang sudah dikenal sejak dahulu dengan berbagai khasiat yang sangat menakjubkan.

Penelitian berbagai laboratorium di berbagai negara menunjukkan bahwa zat polifenol yang terdapat dalam teh serta berbagai faktor turunannya memiliki kemampuan antioksidan yang tinggi.

Nama lain dari polifenol teh yaitu Katekin, memiliki karakteristik yang berbeda dengan berbagai tumbuhan lainnya. Zat Katekin dalam teh mengandung antimikroba, antiradiasi dan juga bersifat sebagai antioksidan. selain itu juga berfungsi melancarkan sekresi air kencing dan menghambat berbagai macam pertumbuhan kanker yang ada dalam tubuh manusia.

Melalui penelitian yang berkelanjutan, diketahui bahwa kandungan polifenol dalam teh mampu untuk mencegah penyakit jantung koroner, menguatkan pembuluh darah, stroke serta memberi tambahan sel darah putih guna melawan berbagai infeksi. Disamping itu, polifenol mampu mencegah terjadinya plak gigi melalui pengaruhnya terhadap kinerja bakteri pada mulut.

Dalam sebuah jurnal yang ditulis dalam Free Radical Research London menyebutkan bahwa kekuatan 2 buah cangkir teh setara dengan 20 gelas jus apel dan sebanding dengan 7 gelas jus jeruk.

Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung-Jawa Barat memberikan hasil yang cukup fantastis. Disebutkan bahwa kandungan polifenol teh yang ada di Indonesia lebih tinggi sekitar 1,34 kali jika dibandingkan dengan teh dari negara yang lain.

Namun yang perlu disayangkan adalah hampir sekitar 90% teh terbaik yang ada di Indonesia dijadikan sebagai bisnis ekspor ke berbagai negara lain. Teh yang kita rasakan saat ini kebanyakan merupakan teh yang berkualitas dua atau tiga. Hal ini tentu saja manfaatnya berbeda jauh dengan teh terbaik yang telah diekspor.

Jenis Jenis Teh

Teh terbagi secara dasarnya menjadi 3 jenis yaitu teh hijau, teh oolong dan teh hitam. Meski terkandung dalam satu jenis tanaman yang sama yaitu Camelia Sinensis, ternyata varietas assamica jauh lebih tinggi jika dibanding dengan varietas sinensis.

Penelusuran yang dilakukan berbagai ahli menunjukkan bahwa tanaman teh yang terdapat di Indonesia adalah tanaman teh dengan varietas aasamica sehingga teh yang berasal dari Indonesia disebutkan memiliki potensi yang lebih menyehatkan bagi manusia.

Lebih dari 75% teh di dunia lebih banyak diproses menjadi teh hitam yang kini sudah banyak digemari oleh berbagai negara Eropa dan Amerika. Untuk sisanya, 23% diolah menjadi teh hijau dan 2% diolah menjadi teh oolong.

Hal yang mendasari terbentuknya jenis jenis teh adalah dari pengolahannya. Banyak jenis teh yang ada di dunia ini, namun secara umum teh terbagi ke dalam 3 jenis yaitu :

  1. Teh Hitam

Teh hitam dihasilkan dari proses oksimatis yaitu oksidasi enzimatis yang penuh.

  1. Teh Hijau

Teh hijau dalam proses pengolahannya tidak mengalami oksimatis.

  1. Teh Oolong

Pada teh oolong terjadi proses semi oksimatis.

Fungsi Oksidasi terhadap radikal bebas

Radikal bebas dihasilkan oleh lingkungan atau oleh tubuh dengan cara alami. Sifat radikal yang berbahaya bisa berkontribusi terhadap berbagai macam penyakit seperti penyakit hati, kanker dan jantung.

Mengapa radikal bebas bisa sangat berbahaya? Hal ini karena radikal bebas merupakan senyawa elektron yang tidak memiliki pasangan sehingga molekulnya menjadi tidak stabil dan liar. Dengan begitu radikal tersebut menarik elektron lain disekitarnya.

Sumber-sumber yang menyebabkan terjadinya radikal bebas mulai dari proses metabolisme, polusi air dan udara, rokok, asap kendaraan, sinar ultraviolet berlebih, pencemaran logam dan berbagai makanan yang mengandung pengawet dan pewarna buatan.

Fungsi Antioksidan yang bisa menangkal berbagai macam radikal bebas, bisa dihasilkan dari dalam tubuh. Namun jumlah yang terbatas menyebabakan tubuh perlu asupan antioksidan dari luar berupa makanan dan minuman.

Berbagai kegunaan antioksidan disebutkan mampu untuk memulihkan, memperbaiki molekul tubuh yang rusak dan menetralisir pembentukan radikal bebas yang menimbulkan berbagai macam penyakit.

Dengan hal tersebut, minuman teh memang sangat berguna bagi tubuh baik untuk jangka pendek maupun dalam jangka panjang, tentunya dengan memilih jenis jenis teh terbaik.

Incoming search terms:

varietas tanaman teh .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

error: Content is protected !!