Penyebab, Gejala, Dan Pencegahan Asam Urat

Penyakit asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang banyak dialami oleh orang orang yang telah lanjut usia! Tetapi, tidak sedikit pula orang yang masih berusia mudah ternyata mengalami penyakit ini!

Apakah yang dimaksud dengan penyakit asam urat? Apa yang menjadi latar belakang dan penyebab asam urat? Apa sajakah gejala penyakit asam urat? Serta apa upaya pencegahan penyakit asam urat yang sebaiknya kita lakukan?

tentang asam urat

Semua akan coba dibahas dalam artikel ini! Selamat menyimak…

Apakah yang dimaksud dengan penyakit asam urat?

Penyakit asam urat atau yang sering disebut dengan Gout adalah terjadinya peningkatan kadar asam urat dalam darah yang terjadi secara terus menerus, atau yang disebut dengan hiperurikemia. Asam urat dihasilkan oleh tubuh yang melakukan metabolisme terhadap purin, yaitu sejenis senyawa berunsur nitrogen yang kebanyakan terdapat pada protein hewani.

Gout terjadi apabila tubuh manusia memproduksi asam urat lebih besar ketimbang kemampuannya dalam membuangnya, sehingga terjadilah penumpukan dan pengapuran asam urat terutama di sendi sendi tubuh.

Asam urat dalam kadar yang wajar sepatutnya bisa terbuang secara alami melalui air kencing. Tapi ketika kadarnya melebihi batas, maka dalam aliran darah akan terjadi penumpukan, yang kemudian mengendap, dan berubah bentuk menjadi kristal kecil di jaringan lunak atau sendi sendi yang menyebabkan artritis (peradangan akut) dan rasa nyeri.

Apa yang menjadi latar belakang dan penyebab asam urat?

Salah satu penyebab terjadinya peningkatan produksi asam urat adalah konsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi yang berasal dari aneka makanan berjenis protein hewani seperti jeroan, makanan laut, dan daging merah. Namun selain itu, ada beberapa penyebab lain yang menjadi latar belakang seseorang menderita penyakit gout / asam urat, antara lain :

  • Konsumsi minuman keras

Kadar alkohol dalam minuman keras akan membuat organ tubuh kurang optimal dalam membuang kadar asam urat dalam tubuh. Dan selain itu, kandungan minuman keras pun akan meningkatkan produksi asam urat! Jadi, terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras akan menjadikan Anda berpotensi terserang asam urat.

  • Konsumsi minuman berkadar gula tinggi

Selain memicu diabetes, minuman jenis ini pun bisa menjadi latar belakang dan penyebab asam urat. Fruktosa yang merupakan zat gula pada buah buahan menjadi salah satu unsur yang akan meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

  • Konsumsi obat obatan kimia tertentu

Ada beberapa zat kimia dalam obat yang disinyalir bisa mengatasi penyakit tertentu, tetapi bisa memberikan kontribusi yang cukup tinggi terhadap pembentukan asam urat dalam tubuh. Unsur kimia dalam obat yang dimaksud antara lain :

  1. Niacin (obat yang kebanyakan digunakan untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi),
  2. Diuretik (obat yang digunakan untuk mengatasi keluhan tekanan darah tinggi),
  3. Aspirin (obat yang digunakan untuk meredakan stress, depresi dan sakit kepala).

Jenis jenis obat yang mengandung unsur kimia diatas menjadi salah satu dari penyebab penyakit asam urat apabila dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini cukup dilematis apabila dipikirkan lebih lanjut! Di satu sisi Anda ingin mengatasi penyakit tertentu, tetapi di sisi lain Anda justru malah memasukkan berbagai penyebab dan potensi potensi kimiawi yang akan menyebabkan penyakit lainnya.

Inilah pentingnya bagi Anda untuk menyadari bahwa satu satunya cara untuk menjaga kesehatan dan pengobatan yang paling efektif adalah dengan memenuhi asupan antioksidan dalam jumlah yang tinggi dari sumber alami yang aman dikonsumsi. Apabila tubuh memiliki kadar antioksidan yang tinggi, maka radikal bebas, potensi penyakit, gejala rusaknya fungsi tubuh, dan lain sebagainya bisa diatasi secara alami.

Salah satu upaya untuk mendapatkan asupan antioksidan tinggi secara alami adalah dengan mengkonsumsi teh hitam herbal secara rutin setiap hari untuk pencegahan dan pengobatan penyakit! Menurut penelitian yang dilakukan oleh banyak instansi kesehatan, menyebutkan bahwa kandungan katekin dan polyfenol dalam teh hitam sangat tinggi dibandingkan dengan aneka jus buah buahan atau dari sumber lainnya.

Apa sajakah gejala penyakit asam urat?

Penting bagi Anda untuk mengetahui gejala gejala yang muncul saat terserang gout! Dengan mengetahui hal ini, maka Anda bisa segera melakukan tindakan pencegahan dan antisipasi agar penyakit tersebut tidak semakin parah.

Adapun gejala penyakit asam urat antara lain :

  • Beberapa bagian tertentu terasa nyeri, dan semakin nyeri saat disentuh,

  • Mengalami kaku pada persendian,

  • Berubahnya warna kulit menjadi merah keunguan,

  • Terjadi pembengkakan pada sendi,

  • Persendian terasa hangat.

Adapun bagian tubuh yang seringkali menjadi lokasi serangan penyakit ini antara lain :

  1. Lutut,
  2. Telapak kaki,
  3. Ibu jari kaki,
  4. Ibu jari tangan,
  5. Pergelangan tangan,
  6. Pergelangan kaki.

Jika Anda mengalami gejala gejala tersebut, maka segeralah lakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam tubuh ke klinik atau rumah sakit terdekat. Jika kadarnya melebihi batas, maka sebaiknya segera lakukan tindakan pengobatan dan antisipasi.

Adapun kadar asam urat normal pada manusia adalah 3,4 sampai 7,0 mg/dL pada laki laki, dan 2,4 sampai 6,0 mg/dL pada perempuan. Jika Anda memiliki kadar yang melebihi batas normal tersebut, maka segeralah lakukan pengobatan.

Bagaimana tindakan pencegahan dan pengobatan penyakit asam urat?

Untuk melengkapi informasi kali ini, maka berikut akan kami informasikan juga tentang tindakan pencegahan dan pengobatan penyakit asam urat.

Anda bisa melakukan pencegahan dengan cara menjalankan gaya hidup sehat, terutama dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi bernutrisi dengan memperhatikan kadar dan kandungannya. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung protein hewani tinggi, kurangi atau bahkan hindari konsumsi minuman keras, kurangi konsumsi minuman berkadar gula tinggi, serta hindari konsumsi unsur unsur kimia penyebab asam urat dari obat obatan tertentu.

Sedangkan untuk pengobatan, Anda bisa mencoba cara alami dengan mengkonsumsi teh hitam herbal alami yang terbukti mengandung unsur antioksidan tinggi. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi Blesstea secara rutin setiap hari, karena Blesstea adalah jenis teh hitam terbaik produksi Indonesia yang diklaim sebagai teh terbaik dunia dengan kandungan antioksidan tinggi yang dibutuhkan oleh manusia.

Menurut penelitian yang dilakukan, terbukti kandungan antioksidan dalam 1 cangkir Blesstea setara dengan 7 gelas jus jeruk atau setara dengan 20 gelas jus apel. Oleh karena itulah, mengapa Blesstea menjadi solusi efektif, murah dan praktis untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, khususnya penyakit asam urat.

Sudah banyak yang membuktikan khasiat Blesstea dalam mengatasi penyakit asam urat. Berikut adalah beberapa artikel yang menguraikan beberapa testimoninya :

Artikel 1

Artikel 2

Artikel 3

Penjelasan lebih lanjut tentang produk teh hitam Blesstea bisa Anda baca DISINI

***

Demikianlah penjelasan tentang penyebab, gejala, pencegahan, serta pengobatan penyakit asam urat yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam menambah wawasan tentang berbagai penyakit yang ada di sekitar kita.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel artikel menarik kami berikutnya…

Incoming search terms:

pengapuran atau peningkatan asam urat menyebabkan . pengapuran dan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

error: Content is protected !!