Berbagai Kandungan Teh Hitam Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Setelah kita mengetahui berbagai penjelasan yang berkaitan dengan sejarah teh dan kandungan teh secara umum, perlu diketahui pula kandungan secara spesifik yang dimiliki oleh sebuah tanaman yang mampu menjaga kesehatan tersebut.

Pemahaman dalam mengetahui berbagai jenis komponen yang terdapat dalam sebuah teh bisa menjadi sebuah pertimbangan untuk memilih sebuah produk teh yang bisa menjaga kualitas kesehatan tubuh secara optimal.

Berikut adalah berbagai kandungan teh hitam yang sangat bermanfaat untuk kesehatan :

Katekin (Polifenol)

  1. Merupakan antioksidan, anti mutagenic, anti diabetes, anti kanker dan berbagai penyakit lainnya.
  2. Mampu memperkuat dinding pembuluh darah kapiler dan memperlambat proses atherosclerosis (The Food Pharmacy yang ditulis Jean Carper). Kandungan Katekin pada teh dapat membunuh bakteri pemicu penyakit lambung yang lebih dikenal dengan sebutan Helicobar Pylory dalam dunia kedokteran.
  3. Turunan polifenol memiliki kemampuan sebagai antioksidan yang sangat tinggi. Turunan tersebut antara lain epicathecin (EC), Epicatechin Gallat (ECG), Epigallocatechin Gallat (EGCG) dan Epigallo Catechin(EGC).
  4. Berbagai sumber menyebutkan, Katekin dapat menangkap radikal bebas dengan kemampuan 100 kali lebih efektif dibandingkan dengan vitamin C. Jika dibandingkan dengan vitamin D, maka Katekin mampu 25 kali lebih efektif.

Theaflavin

  1. Dihasilkan dari proses oksimatis saat pengolahan teh hitam sebagai sebuah antioksidan turunan.
  2. Dalam beberapa sumber disebutkan bahwa Theaflavin memiliki kemampuan antioksidan yang sama dengan Katekin.

Flavonoid

  1. Fungsi dari Flanovoid dapat membentuk sebuah antimikroba, antioksidan dan anti radang. Selain itu mampu menghambat gumpalan sel darah atau penyumbatan pembuluh yang menyebabkan penyakit jantung koroner atau stroke. (John Folts, Departemen Of Medicine University Wisconsin, Amerika).
  2. Flanovoid dalam jumlah kadar yang besar atau tinggi bisa menjadi sebuah antioksidan dan akriostatik yang mencegah penyebab plak pada pembuluh.
  3. Selain dalam bentuk Quercetin, Falnovoid bisa berfungsi sebagai antioksidan dalam bentuk Kaempfrol dan Myricetin.

L-Theanin

  1. Memiliki efek relaksasi sehingga dapat mengurangi tingkat stress.
  2. Meningkatkan daya ingat.
  3. Kandungan Kafein bersifat stimulant untuk syaraf, ginjal, otot, aktvitas mental dan menjadikan panca indera menjadi lebih tajam serta lebih jernih dalam berpikir.
  4. Dalam penelitian yang dilakukan oleh John Foxe, Phd disebutkan bahwa aktivitas gelombang alpha otak dapat ditingkatkan oleh Theanin. Dengan begitu, kondisi pikiran jauh lebih tenang dan siaga. Disamping itu, fungsi Theanin dapat mengurangi stress.

Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin yang terdapat dalam sebuah teh hitam yaitu Vitamin B1, B2, C, E dan K yang berguna untuk perawatan tubuh secara keseluruhan. Adapun kadar mineral yang terdapat dalam teh hitam yaitu Magnesium, Flouride, Mangaan dan Kalsium. Gunanya untuk menguatkan dan merawat gigi dan tulang.

Begitu pun kandungan yang terdapat dalam Teh Hitam BlessTea. Manfaat yang dirasakan yaitu mencegah dan membantu mengatasi berbagai kesehatan seperti kolesterol, hipertensi, liver, osteoporosis dan imunitas tubuh.

***

Demikian informasi tentang kandungan teh hitam yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

error: Content is protected !!